Monday, September 2, 2013

Kelainan Jantung Bawaan `2`

Bismilah.. cerita dibawah agak basi, late post, tapi saya ingin berbagi,dan saya ingin menyimpan cerita ini untuk fathi, semoga ada yg bisa mengambil manfaat dari cerita ini..

***
Bagian yg kedua ini mau cerita tentang kekhawatiran dua orang tua yang anaknya harus oprasi jantung, tapi masih bingung mesti gimana..hehe..

Usia 11 bulan, dokter Sri Endah (yg belum kenal, ini dokter jantung nya Fathi kalo di bandung) sudah membuat surat rujukan untuk Dr. Poppy S. Rubiono (yg blm kenal, ini dokter jantung nya Fathi kalo di  RS Harapan Kita)- RS jantung Harapan Kita untuk tindakan kateterisasi.

Kateterisasi jantung adalah istilah umum yang digunakan untuk rangkaian prosedur pencitraan untuk memasukkan kateter ke dalam bilik atau pembuluh darah jantung. Pada saat kateter berada di posisi yang telah ditentukan, maka alat tersebut dapat digunakan untuk melaksanakan sejumlah prosedur pemeriksaan lebih lanjut dan terapi seperti angiografi koroner (coronary angiography), angioplasti (angioplasty) dan pemasangan katup buatan (balloon valvuloplasty).

Kateterisasi jantung dilakukan melalui lintasan kateter ( suatu pipa lentur yang tipis) ke bagian kanan dan kiri jantung. Kateter dapat dimasukkan melalui arteri atau pembuluh darah di lengan atau bagian atas paha) yang kemudian perlahan-lahan diarahkan ke jantung dengan bantuan mesin sinar-x khusus. Begitu kateter berada di posisi yang telah ditentukan, maka cairan kontras (contrast dye) akan disuntikkan melalui kateter sehingga gambar sinar-x katup jantung, arteri koroner dan bilik jantung dapat direkam oleh mesin sinar-x untuk menghasilkan citra yang tepat. 
Prosedur ini juga dapat dipergunakan untuk menentukan kebutuhan operasi jantung (sumber http://www.mahkotamedical.com/in/our-facilities/cardiac-catheterization.html )

kalo bahasa saya, kateterisasi itu pokonya serem padahal "cuman" masukin selang yg lumayan besar lewat pembuluh darah besar di bagian paha (fathi dulu di bagian paha), trus disemprot cairan di bagian yg diperlukan langsung direkam deh,,
serem, soalnya waktu fathi oprasi jantung, ada anak umur 1 thn lucuu bgt, baru kateterisasi tapi pendarahan trus meninggal,,hiii,, tapi alhamdulillah, proses kateter nya Fathi lancar jaya.
Banyak juga yang menyebut kateterisasi ini seperti oprasi kecil, yaa, apapun itu namanya, yg penting Fathi sudah bebas dari pemeriksaan itu, legaaa..

Setelah kateterisasi dilakukan, hasilnya di evaluasi oleh tim dokter bedah dan dokter jantung, apakah Fathi nanti oprasinya hanya 1 kali? atau harus 2 kali? karna untuk kasus TOF (Tetralogy Of  Fallot), bisa 1 kali oprasi bisa 2 kali, kalo 1 kali, berarti langsung total koreksi (istilah nya sih begitu), kalo harus 2 kali, berarti oprasi yg pertama itu pasang bt shunt, yg kedua nya baru deh total koreksi, CMIIW (mudah2an ada dokter yg baca tulisan ini trus meluruskan jika ada informasi yg salah, hehe) saya juga kurang faham untuk oprasi yang dua kali, karna kebetulan fathi hanya harus 1 kali oprasi..

Alhamdulillahilladzi bini'matihii tatimusshaalihaat.. atas karunia Allah, jalan menuju operai begitu dimudahkan, kami mengajukan permintaan bantuan lewat yayasan jantung indonesia untuk biaya operasi jantung, alhamdulillah, setelah semua prosedur dilengkapi dan di urus, akhirnya kami dapat "giliran", kira2 pertengahan april 2010 kami dapat surat dari yayasan jantung yg isi nya memberitakan bahwa tanggal 29 april 2010, fathi dijadwalkan konsul ke dr poppy di PJNHK (pusat jantung nasional harapan kita), dengan membawa hasil pemeriksaan THT, gigi, dan surat rujukan dari dokter sri endah, untuk selanjutnya agar bersiap di jakarta untuk pelaksanaan operasi jantung fathi,, jeng jreeeenggg.. wah deg degaaaaaaan banget..

sejak terima surat itu, fathi bener2 dijagain (biar ga sakit maksudnya), tapi qadarullah, adaaaa aja, kejedot lah, keseleo lah, ticatrok lah (bahasa indonesia nya terjerembab di bagian mulut, haiyyyah,,ya gitu deh pokonya), tapi alhamdulillah pada saat pelaksanaan operasi, kondisi fathi sehat wal afiat,, oiya, waktu pemeriksaan gigi, ada yg heboh, ternyata gigi nya fathi ada 9 yg bolong, jadi harus tambal 9 gigi,hebat kan????!

daaan, kami pun barangkat menuju jakarta, dengan perasaan yang ruarrr biasa campur aduk,, selanjutnya akan saya tulis di postingan tentang PJNHK,, insyaAllah

No comments:

Post a Comment