Saturday, April 9, 2011

*** KENTANG MUSTOFA***

Namanya agak aneh ya? entah siapa yg ngasi nama makanan itu dgn nama 'mustofa', yang jelas, sejak pertama kali aku mengenalnya, aku langsung jatuh cinta,,
untuk itu lah aku mencari2 resepnya,eh ternyata mamah ku tercinta jago bikinnya,enak,manis,gurih,renyah,,nyum..





BAHAN: 

Kentang           1 kg (cuci bersih,serut,goreng sampai kering)
cabe merah      1 ons
bwg putih         5 siung
asem           1 sdt dicampur air sedikit (saya pake asem yg dijual diwarung2,harganya 100 perak /bks)
gula pasir       1 ons (dikira kira aja,sampai rasa manisnya pas)
Masako           1 bks
garam              1 sdt

Haluskan cabe merah,bwg putih,garam, lalu tumis dgn minyak goreng sampai wangi, trus masukin air rendaman asem, masukin masako, trus masukin kentang yg sdh digoreng, trus kasi gula putih sampai rasa manisnya pas,sambil diaduk2,, thats all folks, gampang kaaan?

Oiya, ini kentang nya tanpa aksesoris macem2, kalo suka ada yg pake kacang plus ikan teri, tergantung selera, kalo aku suka nya yg simple gini aja, trus serutannya juga macem2, ada yg panjang2 kaya korek api, ada yg bulat pipih kaya keripik, semua tergantung selera masing2..

TIPS:
Biar kentang nya renyah, cuci nya sampai bersih, trus rendam dgn air bersih 10 menit sekali buang airnya sampai air yg dibuang tu warnanya bening,, ada juga yg direndam pake air kapur sirih,, itu tergantung selera,.
                                           ----------selamat mencoba.---------


original recipe from my mom

No comments:

Post a Comment